http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/issue/feed Politeknosains 2025-07-16T22:28:19+00:00 Teguh Wiyono teguhwiyono487@gmail.com Open Journal Systems <p>POLITEKNOSAINS adalah Jurnal ilmiah teknologi mempublikasikan tulisan ilmiah berupa hasil penelitian dan rancang bangun teknologi dalam bidang ilmu Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Mesin Otomotif, Teknik Komputer dan Teknik Informatika. Setiap naskah yang diterbitkan telah ditelaah oleh dewan redaksi sesuai bidangnya. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, setiap bulan Maret dan September.</p> http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/318 Analisis Pendeteksi Kereta Api Dengan Axle Cunter Altopro Pada Sistem Persinyalan SIL-02 2025-07-14T17:22:45+00:00 Muhammad Alhan yuesss08@gmail.com Yaya Finayani yyfinayani@yahoo.com Pramudya Bagas Utomo pramudyabagas5@gmail.com <p align="justify">Sistem Persinyalan adalah suatu sarana untuk menjaga keselamatan dan mengatur operasi kereta api yang efisien dan efektif dengan jalan membagi ruang dan waktu. SIL-02 (System Interlocking Len-02) sistem persinyalan elektrik menggunakan tenaga listrik untuk mengendalikan aspek sinyal dan arah wesel, salah satu tipe peralatan persinyalan elektrik yang dikembangkan oleh PT. Len Industri (Persero) dan pendeteksi keberadaan kereta yang digunakan yaitu axel counter Altpro. Tujuan penulisan studi kasus ini adalah menganalisis prinsip kerja dari axel counter Altpro pada sistem persinyalan SIL-02 dan bagaimana penanganan dan perbaikan pada axel counter Altpro. <br>Analisis kasus ini dilaksanakan di wilayah kerja UPT (Unit Pelaksana Teknis) Resor Sintelis 6.4 Brambanan PT. KAI DAOP 6 Yogyakarta yang sering terjadi gangguan pada axle counter Altpro yang dapat mengakibatkan keterlambatan perjalanan kereta api. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dilapangan, wawancara kepada pegawai sintelis, dan pengumpulan dokumen yang berkaitan dengan axle counter Altpro dan SIL-02. <br>Dari hasil analisis kasus dapat diketahui bahwa sistem kerja perangkat axel counter Altpro memiliki tingkat keandalan bagus sebagai perangkat pendeteksi keberadaan kereta untuk sistem persinyalan kereta. Memiliki beberapa keunggulan seperti konfigurasi track section pada BO23-UNUR, pada modul MPU display seven segment dapat memantau berapa jumlah yang roda kereta yang terdeteksi, dan yang terakhir memiliki data logger pada MPU yang dapat diakses dengan software BO23 Diagnostics. Namun perangkat ini terlalu rawan apabila dipasang pada daerah yang rawan terjadinya vandalisme atau perusakan terhadap peralatan persinyalan terutamanya head sensor ZK24-2.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/319 Efektivitas Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax Turbo Pada Toyota Rush 2025-07-15T16:15:01+00:00 Kurniawan Joko Nugroho wawanjoko01@gmail.com Basmal Basmal basmal070667@gmail.id Sugiyarta Sugiyarta sugiartasolo@gmail.com <p>Penelitian yang bertujuan untuk menganalisa efektivitas konsumsi dari ketiga bahan bakar yaitu Premium, Pertalite dan Pertamax pada putaran rpm yang berbeda yaitu 1500 rpm, 2000 rpm dan 2500 rpm. Percobaan dalam rangka untuk mendapatkan data dilakukan dengan memindahkan pompa kegelas ukur 2 liter bertujuan pembacaan hasil konsumsi, kemudian mengatur putaran mesin dengan tachometer dari 1500 rpm, 2000 rpm dan 2500 rpm dengan waktu yang telah ditentukan selama 3 menit. Langkah pengambilan data dilakukan dengan bahan bakar Premium terlebih dahulu, kemudian Pertalite dan terakhir Pertamax kemudian diulang kembali sampai 3 kali agar mendapatkan data yang lebih akurat dengan cara merata-rata hasil tersebut, sehingga menghasilkan 9 kali uji coba tiap satu putaran mesin. Setiap putaran mesin terlihat konsumsi bahan bakar berbeda, hal ini dikarenakan pada prinsip kerja system injeksi EFI (electronic fuel injection), jika gas dibuka atau pedal gas diinjak throtel akan semakin membuka sehingga penyemprotan bahan bakar yang dilakukan oleh injektor juga semakin banyak dan setiap jenis bahan bakar juga terlihat konsumsi yang berbeda. Mesin mempunyai standart konsumsi untuk jenis bahan bakar atau nilai oktan, apabila mengkonsumsi dengan nilai oktan di bawah standart, mesin akan mengalami knocking/suara ngelitik pada mesin, hal itu disebabkan sifat bahan bakar yang tidak tahan dengan suhu dan tekanan mesin tersebut sehingga konsumsi menjadi boros dan bisa merusak komponen dalam silinder. Mengkonsumsi dengan nilai oktan di atas standart mesin akan menjadi tidak efisien karena bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna karena suhu dan tekanan terlalu rendah untuk bahan bakar tersebut dan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.Terlihat dari hasil uji coba Premiumlah yang paling efektif dalam hal konsumsi, karena tekanan kompresi lebih cocok dengan Premium dibandingkan Pertalite dan Pertamax. Hal ini menjadi bukti bahwa mengkonsumsi bahan bakar yang sesuai standart/pabrikan akan menghasilkan efektivitas konsumsi yang maksimal dan tentunya semakin irit biaya perawatan.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/320 Rancang Bangun Company Profile Pada Solo Paving By Indo Tegel Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter 2025-07-15T16:18:39+00:00 Didik Warasto didik_warasto@yahoo.com Abdul Jalil didik_warasto@yahoo.com Nabila Silma Bilqista didik_warasto@yahoo.com <p>In today's digital era, the existence of a company profile website is important for companies to increase the credibility of company information. Solo Paving by Indo Tegel is a company engaged in the production and distribution of paving blocks located in Solo. As an effort to strengthen the company's image, a modern, interactive, and informative company profile website is needed. This research aims to design and build a website-based company profile website for “Solo Paving by Indo Tegel” using the CodeIgniter framework. CodeIgniter was chosen because it is a PHP framework that is lightweight, easy to use, and has complete documentation, making it easier to develop an effective and efficient website. The method used in this research includes several stages. The needs analysis stage is carried out to identify the features needed by the company, such as product information, company profile, and contact form. The result of this research is a responsive, user-friendly, and informative company profile website. This website is expected to help “Solo Paving by Indo Tegel” in strengthening branding and making it easier for customers to get information about the products and services offered by the company.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/321 Sistem Otomasi Roof Berbasis Arduino Uno Menggunakan LDR Sensor Dan Hujan Sensor 2025-07-15T16:23:13+00:00 Taman Ginting ginting79@gmail.com Didik Purwadi didikp@yahoo.com Sudarno Sudarno isussai@gmail.com <p>Sebuah prototipe atap jemuran cerdas berbasis Arduino dilengkapi dengan sensor hujan, sensor cahaya, dan servo motor guna otomatisasi respons terhadap perubahan cuaca. Sistem ini dirancang untuk menutup atap jemuran secara otomatis saat terdeteksi adanya hujan, sehingga dapat melindungi pakaian atau barang- barang yang digantung dari resiko kerusakan akibat terkena air hujan. Di samping itu, sensor cahaya berperan menyesuaikan posisi atap jemuran sesuai dengan tingkat intensitas cahaya di sekitar, sehingga dapat membuka lebar saat kondisi cerah untuk memaksimalkan proses pengeringan pakaian pada saat pencahayaan matahari memadai. Penerapan mikrokontroller Arduino memberikan fleksibilitas dalam hal pemrograman algoritma cerdas pada sistem, sedangkan motor servo bertugas menggerakkan atap jemuran secara presisi sesuai dengan masukan perintah yang dikirimkan oleh Arduino. Hasil pengujian prototipe menunjukkan kemampuannya dalam merespons perubahan kondisi lingkungan dan cuaca secara akurat, di mana sensor hujan akan memicu penutupan atap begitu terdeteksi adanya tetesan air atau hujan, sementara sensor cahaya akan mengatur tingkat bukaan atap untuk mengoptimalkan penjemuran ketika cahaya matahari cukup terik. Dengan solusi cerdas ini, efisiensi dan efektivitas pemanfaatan atap jemuran dapat ditingkatkan serta perlindungan pakaian dari paparan hujan dapat dijaga secara optimal.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/323 Analisis Susut Umur Transformator Tenaga Akibat Pengaruh Penggunaan Penyaluran Listrik di Gardu Induk 150 kV Jajar 2025-07-16T22:13:55+00:00 Irsandi Yoga Nugraha yoga4209@gmail.com Supriyana Nugroho supriyananugroho@gmail.com Cicilia Puji Rahayu ciciliapuji2@gmail.com Ari Wibowo wibowo1984.ari@gmail.com <p>Transformator yang beroperasi secara terus menerus dalam penyaluran kelistrikan dapat menyebabkan bertambahnya laju penuaan isolasi pada transformator sehingga mengakibatkan bertambahnya susut umur pada transformator. salah satu faktor yang menyebabkan bertambahnya laju penuaan isolasi adalah pembebanan transformator yang bervariasi sesuai kebutuhan penyaluran dan suhu lingkungan transformator itu berada. Data pembebanan rill yang sudah diambil melalui observasi di lapangan digunakan sebagai dasar perhitungan analisis. Data akan dianalisis dengan percobaan perbandingan serta menggunakan percobaan pembebanan yang di buat bervariasi. Kemudian dianalisis dilakukan berdasarkan IEC 354 tahun 1972 dan IEEE Loading Guide. Perhitungan susut usia transformator difokuskan pada transformator II pada Gardu Induk 150 kV Jajar dengan kapasitas sebesar 60 MVA. Hasil perhitungan susut usia transformator selama periode 1 tahun pengoperasian (Januari 2019 sampai Desember 2019) didapatkan hasil sebesar 0,36 p.u dengan sisa usia transformator adalah sebesar 16,6 tahun. Berdasarkan analisis transformator II Gardu Induk 150 kV Jajar masih terbilang aman beroperasi karena temperature suhu hotspot pada transformator terdapat di bawah ambang batas suhu yang ditentukan 980C dan nilai pembebanan kurang dari 81,9 %.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/324 Otomatisasi Penyiraman Tanaman Berbasis Mikrokontroler Arduino 2025-07-16T22:17:40+00:00 Taufik Nurhidayat taufikppm@gmail.com Agus Haryawan aharyawan@gmail.com <p>Saat ini penyiraman tanaman secara tradisional dirasa kurang efisien karena memerlukan waktu yang lama. Tak hanya itu, penyiraman tanaman secara tradisional membutuhkan banyak tenaga. Hal ini menyebabkan pemilik tidak bisa meninggalkan tanaman dalam waktu yang lama, karena tanaman dapat kekurangan air. Atas dasar tersebut, alat ini ditujukan untuk membantu pengguna atau pemilik tanaman untuk menyiram tanaman tanpa harus disiram secara manual.<br>Dengan menggunakan sensor kelembaban yang dikombinasikan dengan Arduino dan juga pompa air kita sudah dapat membuat suatu alat penyiram tanaman otomatis yang sederhana, hemat biaya pembuatan dan juga hemat daya, juga dapat membantu mempersingkat para pelaku usaha tanaman hias, kolektor tanaman dan para petani jika dapat dikembangkan agar menjadi lebih efisien.<br>Pada proyek ini, telah dirancang sebuah alat penyiram tanaman otomatis dengan menggunakan sensor yl-69 dengan cara kerja sensor akan mendeteksi kadar kelembaban tanah pada suatu media/area kemudian sensor mengirim data ke Arduino dan Arduino akan memproses data tersebut kemudian data akan dikirim ke relay untuk menentukan apakah pompa harus hidup atau mati sesuai dengan data yang diterima, apabila kelembaban melebihi kadar yang ditentukan maka relay akan memerintahkan pompa untuk mati/hidup. Alat ini dapat bekerja di saat penghuni rumah tidak berada di rumah, sehingga tanaman akan tetap terawat.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/325 Analisis Pembebaban Rel Kereta Api PNM Menggunakan Finite Element Method (FEM) 2025-07-16T22:20:22+00:00 Bi Asngali biasngalimt@gmail.com Rakhmad Gusta Putra Bagus biasngalimt@gmail.com Daris Itsar Samudra biasngalimt@gmail.com Aldi Ika Saputra biasngalimt@gmail.com <p>Pembebanan berulang pada rel kereta dapat memicu kegagalan struktural yang berdampak pada penurunan kekuatan jika tidak dianalisis secara cermat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rel Kereta Api PNM menggunakan metode elemen hingga (finite element method/FEM). Rel yang dianalisis adalah tipe UIC-54 sepanjang 750 mm. Analisis dimulai dengan perhitungan kontak elips roda dan rel berdasarkan teori Hertzian serta acuan dari European Committee for Standardization (2011). Hasil simulasi menunjukkan bahwa defleksi maksimum pada rel lurus sebesar 1,3713 mm berada dalam batas aman, yaitu di bawah 3% dari panjang awal. Tegangan von Mises maksimum tercatat sebesar 888,82 MPa pada rel dalam lengkung horizontal, yang masih berada di bawah batas yield strength material (877 MPa), menunjukkan bahwa struktur masih tergolong aman. Namun, nilai faktor keamanan minimum pada kondisi tersebut adalah 0,9867, lebih rendah dari standar minimum 1,25 untuk beban statis, sehingga dinyatakan tidak aman pada kondisi spesifik tersebut. Sebaliknya, pada rel lurus dan rel luar lengkung horizontal, nilai faktor keamanan melebihi standar dan berada dalam zona aman. Dengan demikian, struktur rel Kereta Api PNM secara umum aman digunakan, kecuali pada kondisi tertentu pada rel dalam lengkung horizontal yang memerlukan perhatian lebih lanjut.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/326 Cara Kerja Air Conditioner Denso Type LD8I Pada Bus Mercedes-Benz OH 1626 2025-07-16T22:25:06+00:00 Teguh Wiyono teguhwiyono123@gmail.com Siswanto Siswanto teguhwiyono123@gmail.com Desi Tri Utami teguhwiyono487@gmail.com <p>Kebutuhan akan kondisi udara yang nyaman pada saat ini nampaknya sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama pada kendaraan terutama bus dan ruangan atau gedung yang biasa digunakan untuk kegiatan tertentu. Upaya manusia untuk menciptakan kondisi yang nyaman diantaranya dengan menggunakan sistem Air Conditioning (AC). Definisi dari AC adalah suatu proses pengkondisian udara dimana udara itu didinginkan, dikeringkan, dibersihkan dan disirkulasikan yang selanjutnya jumlah dan kualitas dari udara yang dikondisikan tersebut di kontrol. Pengontrolan itu meliputi temperatur, kelembaban dan volume udara pada setiap kondisi yang diinginkan.<br>Pemakaian sistem AC pada kendaraan terutama bus bertujuan untuk mempertahankan temperatur udara di dalam kendaraan pada kondisi nyaman khususnya bagi pengemudi dan penumpang. Selain itu, pemasangan AC pada Bus juga dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya pengembunan pada kaca mobil ketika musim hujan. Sistem AC pada kendaraan ditenagai oleh gas refrigeran dan menggunakan kompresor untuk mendinginkan udara di dalam kabin. Kompresor terhubung ke evaporator yang mendinginkan udara saat melewatinya. Udara dingin tersebut kemudian dikirim melalui ventilasi di kabin kendaraan . Saat Anda mematikan mesin kendaraan, gas refrigeran berhenti mengalir dan kendaraan akan cepat panas kembali</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 http://jurnal.politama.ac.id/index.php/politeknosains/article/view/327 Reverse Engineering Assembly Molding Pallet Seng 2025-07-16T22:28:19+00:00 Yohanes Suyoko yesuyoko@gmail.com Rizal Setyawan Purnama yesuyoko@gmail.com <p>Bertambahnya jumlah produksi dudukan asbes gelombang di PT Hasil Karya Indonesia membuat proses produksi terkendala karena terbatasnya molding pallet seng sehingga membutuhkan molding pallet seng tambahan untuk memperlancar proses produksi dudukan asbes gelombang, proses penambahan molding pallet seng dilakukan dengan proses reverse engineering.<br>Proses reverse engineering dimulai dari pembongkaran part assembly molding pallet seng, pengukuran dan pembuatan sketsa masing – masing part molding dengan jangka sorong, menggambar ulang hasil sketsa, membuat design 3D part molding, penggabungan part 3D, explode hasil part assembly molding pallet seng, menggambar drawing dari part assembly dan explode assembly dengan software solidworks.<br>Hasil proses reverse engineering molding pallet seng digunakan sebagai cetakan untuk membuat produk berupa dudukan asbes gelombang, cetakan tersebut memiliki rongga di dalamnya yang akan diisi dengan material cair seperti plastik, gelas, atau logam. Proses ini terdapat kendala pada proses pengukuran yang rumit dan jarak lubang support plate dan spacer block tidak sama. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menambah keterampilan dan pengetahuan tentang software solidworks khususnya pada fitur-fitur assembly dan mendapat ilmu tentang pembuatan gambar cetakan (molding).</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025