Usaha Untuk Meningkatkan Performace Suzuki Shogun FD 110 dengan Merubah Konstruksi Centrifugal Clutch Menjadi Mechanical Clutch

Penulis

  • Sugiyarta Sugiyarta Program Studi Mesin Otomotif, Politeknik Pratama Mulia Surakarta
  • Basmal Basmal Program Studi Mesin Otomotif, Politeknik Pratama Mulia Surakarta
  • Sarjono Sarjono Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe

Kata Kunci:

Suzuki Shogun, centrifugal, clutch

Abstrak

Penggunaan sepeda motor sangat diminati oleh masyarakat beberapa dekade untuk kalangan muda, memodifikasi pada sistem oprasional kopling pertama untuk mempercepat akselerasai yang biasa digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga yang tinggi. Kedua untuk mendapatkan pemindahan gigi yang lebih halus dan ketiga meningkat performance dari engine brake. Pada Suzuki Shogun FD110 menggunakan kopling centrifugal. Dalam reakayasa ini menggunakan metode rancang bangun dengan melepaskan kopling centrifugal yang ada pada motor kemudian dengan menggunakan adaptor kopling tempel yang digumakan untuk memutus dan menghubungkan roda gigi transmisi dan poros engkol sehingga pemindahan tenaga sampai ke roda belakang sebagai penggerak kendaraan. Untuk pemakaian adaptor kopling tempel ini perlu pertimbangan dari segi konstruksi sehingga kendaraan tetapa nyaman untuk dikendarai karena penggantian kampas ganda dan juga kampas kopling yang sesuai dengan kondisi dari kendaraan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30