Performa Motor Bakar Satu Silinder 4-Tak dengan Ground Strap Kabel Koil Sistem Pengapian (Variasi Panjang Kawat)
Kata Kunci:
ground strap, kabel sirkuit sekunder, panjang kawatAbstrak
Penelitian bertujuan untuk meneliti hubungan dan perbandingan performa motor pada penggunaan Ground strap kabel sirkuit sekunder sistem pengapian, serta mendapatkan panjang kawat Ground strap yang menyebabkan performa mesin lebih baik. Ground strap tersebut berbentuk lilitan kawat kabel di luar kabel busi, yang fungsinya menangkap frekuensi liar. Dengan adanya alat ini, arus listrik menuju busi diklaim jadi lebih fokus, dan otomatis api jadi lebih stabil dan maksimal. Variabel penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan diatas, yaitu: variabel bebas, panjang kawat Ground strap, variabel terikat daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik motor satu silinder 4-tak dan variabel kontrol, suhu kerja motor bakar sepeda motor Honda Blade 110 cc dan suhu ruangan. Hasil penelitian, performa yang dihasilkan untuk keempat perlakuan terhadap kabel koil yaitu tanpa dan dengan penggunaan ground dengan beda panjang adalah semakin turun, sementara konsumsi bahan bakar spesifik menggambarkan semakin naik putaran motor maka semakin turun KBBS yang dihasilkan. Semakin panjang kawat ground strap performa motor semakin baik. Tanpa penggunaan ground strap performa motor masih lebih baik 1,891 hp/4000 rpm, 3,366 Nm/4000 rpm dan 0,139 kg/h/hp/4000 rpm lebih tinggi dari pada menggunakan ground strap dengan panjang kawat 28 cm yaitu 1,722 hp; 3,066 Nm dan 0,166 kg/h/hp pada 4000 rpm.
Adapun kesimpulan yang didapat sebagai berikut: perfoma motor maksimal paling baik pada kabel busi tanpa menggunakan ground strap tetapi tidak stabil setiap kenaikan putaran, sementara untuk kabel koil dengan ground strap performa maksimal berurutan naik seiring variasi panjang lilitan kawat tembaga pada kabel koil. Daya dan torsi menurun 11 %, sedangkan konsumsi bahan bakar meningkat 13 % dibandingkan tanpa penggunaan ground strap.